Agar Tahan Lama dan Tidak Rusak, Ini Sepuluh Tips Perawatan Kebaya

Sudah bisa dipastikan, kebanyakan wanita Indonesia paling tidak tersimpan sebuah kebaya di lemarinya. Atasan tradisional ini kerap kali jadi bintang busana dalam pelbagai kesempatan istimewa seperti pernikahan dan perjamuan-perjamuan formal.

Dalam acara nonformal bahkan kebaya tetap menarik perhatian, walaupun modelnya sederhana. Apa yang membikin kebaya seperti itu istimewa?

Konon, siluetnya yang khas berhasil membongkar sisi keanggunan cewek Indonesia. Pada kebaya klasik, pernak-pernik seperti stagen, longtorso, serta kain panjang berhasil menolong tubuh tampak lebih proposional.

Sebagai bintang busana cewek Indonesia, kebaya merupakan investasi budaya yang bernilai serta investasi yang bersifat historis untuk keturunan kita. Apabila kebaya awet terawat, siapa tahu kebaya kita itu dapat dipakai oleh anak-cucu di masa depan.

Nah, supaya kebaya tetap awet terdapat sebagian kiat saat merawat dan menaruhnya di dalam lemari, baca penjelasannya berikut ini.

1. Kebaya tidak butuh dicuci tiap-tiap selesai digunakan. Apabila tak kotor dan bau, cukup angin-anginkan.
2. Dry clean kebaya dari bahan lace, silk, chiffon, serta tulle sesudah 5x pakai.
3. Apabila berharap menggantung kebaya, pastikan gantungnya dilengkapi padding supaya kebaya tidak robek (terutamanya pada bagian bahu serta lengan).
4. Apabila mencuci manual, gunakan detergen yang tidak mengandung pemutih. Serta jangan sekalipun mencuci kebaya menggunakan mesin cuci.
5. Jangan gunakan bahan pelembut, karena pada umumnya mengandung wax yang bisa merusak serat bahan.
6. Selesai mencuci, jangan memeras kebaya. Cukup diremas-remas saja.
7. Hindari menjemur gantung kebaya berbahan lace, tulle, satin silk, maupun kebaya penuh payet. Jemur saja dengan merebahkannya pada bidang datar.
8. Jangan menyetrika kebaya berbahan tulle sebab bisa merubah tekstur bahan menjadi lemas. Jikalau kusut, cukup gantung saja.
9. Simpan kebaya dari bahan lace atau tulle dengan melipat serta menyimpannya dalam sebuah kotak khusus.
10. Kebaya dari bahan yang gampang patah (terlihat lipatannya), seperti satin, shamtung, thai silk, organdi; bisa disimpan hanya dengan menggantungnya.

Cek juga berbagai info mengenai jual kebaya online disini.